Pertanyaan Anda. Terjawab.

Dapatkan jawaban atas pertanyaan mengenai 737 MAX, dan bagaimana kami membuat 737 MAX menjadi salah satu di antara pesawat teraman di angkasa.

1. Apa itu MCAS?

Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (Maneuvering Characteristics Augmentation System - MCAS), merupakan aturan kontrol penerbangan yang diterapkan pada 737 MAX untuk meningkatkan karakteristik penanganan pesawat terbang dan mengurangi kecenderungan terangkatnya hidung pesawat (pitch-up) pada saat meningkatnya sudut serang. an (angles of attack).

2. Mengapa Boeing Menginstal MCAS Pada 737 MAX?

Aturan kontrol penerbangan Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) dirancang dan disertifikasi untuk 737 MAX guna meningkatkan stabilitas longitudinal (pitch) pesawat terbang – sehingga terasa dan terbang seperti 737 lainnya.

3. Kapan MCAS Teraktivasi?

MCAS hanya akan teraktivasi dalam situasi yang langka ketika tiga kondisi di bawah ini terjadi:
  • Hidung pesawat mendekati sudut yang lebih tinggi dari biasanya.
  • Secara manual pilot menerbangkan pesawat menanjak
  • Sirip sayap (flap) pesawat naik.

4. Apa Itu Angle Of Attack?

Sudut Serang (Angle of Attack - AOA) merupakan perbedaan di antara sudut longitudinal (arah hidung) dari pesawat terbang dengan sudut angin yang mendekat.

5. Bagaimana MCAS Akan Berubah Dengan Pembaruan Perangkat Lunak Ini?

Boeing telah mengembangkan pembaruan perangkat lunak MCAS untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan jika sensor AOA memberikan data yang salah. Lapisan perlindungan tambahan termasuk:
  • Sistem kontrol penerbangan sekarang akan membandingkan input dari kedua sensor AOA. Jika ada selisih hasil bacaan sensor sebesar 5,5 derajat atau lebih dengan kondisi sirip sayap (flap) ditarik, MCAS tidak akan teraktivasi. Indikator pada layar kokpit akan memberi tahu pilot.
  • Jika MCAS teraktivasi dalam kondisi tidak normal, MCAS hanya akan memberikan satu input untuk setiap peristiwa peningkatan AOA. Tidak ada kondisi kegagalan yang diketahui atau yang dibayangkan ketika MCAS akan memberikan banyak input.
  • MCAS tidak pernah bisa memerintahkan input stabilisator yang lebih banyak daripada yang bisa dinetralkan oleh awak pesawat yang menarik mundur kolom kontrol pesawat. Pilot akan terus selalu memiliki kemampuan untuk membatalkan MCAS teraktivasi dan mengendalikan pesawat secara manual.
Pembaruan ini mengurangi beban kerja awak pesawat dalam situasi penerbangan yang tidak normal dan mencegah MCAS teraktivasi akibat data yang salah.

6. Apakah Boeing Membebankan Biaya Untuk Fitur Keselamatan?

Semua informasi penerbangan utama yang diperlukan untuk mengoperasikan 737 MAX dengan aman dan efisien disertakan pada tampilan penerbangan utama dasar. Ini berlaku untuk semua produk komersial kami. Boeing tidak membebankan harga pada fitur keselamatan wajib. Prosedur dan pelatihan awak pesawat untuk pengoperasian pesawat yang aman dan efisien difokuskan di sekitar perilaku guling (roll) dan angguk (pitch), ketinggian, arah, dan kecepatan vertikal pesawat terbang, yang semuanya terintegrasi pada tampilan penerbangan utama. Semua pesawat terbang 737 MAX menampilkan data ini dengan cara yang konsisten dengan pelatihan pilot dan pola pemindaian instrumen mendasar yang dilatihkan untuk digunakan oleh pilot. Beberapa operator memiliki persyaratan pelatihan khusus mereka sendiri dan meminta agar kami juga memberikan informasi AOA pada Flight Display Utama, dan kami telah menawarkan kemampuan opsional untuk memberikan informasi itu. Akan tetapi, tidak semua pelanggan ingin memasukkan fitur ini pada Flight Display Utama mereka, sehingga ditawarkan sebagai opsi yang dapat dipilih oleh pelanggan. Dengan pembaruan perangkat lunak, pelanggan tidak dikenai biaya untuk fitur AOA disagree atau pilihan mereka atas opsi indikator AOA.

7. Berapa Banyak Pesawat Terbang 737 MAX yang Telah Dikirimkan Kepada Pelanggan?

Boeing telah mengirimkan lebih dari 370 MAX ke 47 pelanggan (hingga Februari 2019).

8. Berapa Banyak Pesawat 737 MAX Tambahan yang Telah Dipesan?

Sekitar 5.000 pesawat terbang 737 MAX telah dipesan oleh 107 pelanggan.

9. Bagaimana Dan Mengapa Boeing Memutuskan Untuk Mengembangkan 737 MAX?

Upaya pengembangan kami selalu dimulai dengan menyimak pelanggan kami untuk memahami kebutuhan dan persyaratan mereka. Berdasarkan umpan balik pelanggan dan data pasar, 737 MAX merupakan pilihan yang jelas untuk menyukseskan 737 Generasi Berikutnya. Selama periode enam tahun, tim kami bekerja melalui proses pengembangan metodis penuh disiplin yang mencapai puncaknya dengan program pengujian yang tangguh yang memvalidasi keselamatan dan kinerja pesawat terbang.

Informasi Lainnya Tentang 737 MAX

Berikut ini merupakan informasi lebih lanjut tentang upaya berkelanjutan kami dalam bekerja sama dengan pabrikan, regulator, pilot, dan maskapai penerbangan di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas terbang bagi semua orang.

Sumber Informasi